Skip to content

Hore! Bisa Nonton ke Bioskop Lagi, Harus Janji Patuhi 9 Kebiasaan Baru Ini

Pekan ini, Pemerintah meluncurkan Kampanye Indonesia Care, disusul dengan penerbitan panduan pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) untuk hotel, restoran, dan bioskop. Hore!, selain hotel dan restoran, bioskop juga akan segera dibuka.

Kabar positif kembali datang dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Daerah zona merah atau kawasan berisiko tinggi terhadap penyebaran virus corona berkurang drastis, dari 108 kabupaten dan  kota pada 31 Mei 2020 menjadi 55 kabupaten dan kota per 12 Juli 2020.

Berkurangnya Kawasan berisiko Covid-19, sejalan dengan rencana Pemerintah kembali membuka sektor-sektor ekonomi, termasuk meluncurkan kampanye nasional “Indonesia Care”, oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bisa kembali menonton di bioskop tentunya sangat menyenangkan bagi pencinta film. Namun, tunggu dulu itu masih rencana. Saat ini, Pemerintah sedang mensosialisasikan protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengelola bioskop. Jika dinilai sudah siap, baru kamu bisa nonton film lagi di bioskop.

Tidak hanya bagi pengelola bioskop, kamu sebagai konsumen juga harus paham dan mau melakukan kebiasaan baru demi kesehatan dan keselamatan bersama. Berikut 9 protokol kesehatan menonton di bioskop yang harus kamu jalankan.

  1. Pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk

Sebelum masuk lingkungan bioskop, suhu tubuh kamu akan diperiksa. Suhu tubuh dewasa sekitar 36,5 derajat Celsius hingga 37,5 derajat Celcius. Nah, jika di atas 37,5 derajat Celsius, sudah pasti kamu tereleminasi alias tidak boleh masuk. Ada baiknya, jika suhu tubuhmu tinggi jangan ke luar rumah, istirahat saja di rumah, rileks dan makan makanan bergizi. Jangan lupa kamu tetap wajib menggunakan masker.

2. Proses antre tiket

Untuk membeli tiket manual di kasir, kamu harus bersedia antre sesuai denga jarak yang ditetapkan oleh pengelola bioskop. Jangan menyerobot atau terlalu dekat dengan pembeli tiket di belakang dan di depanmu. Tenang! Pihak bioskop pastinya sudah mendapatkan pengarahan dari Pemerintah untuk memastikan barisan antre tiket cukup untuk semua pelanggan.

3. Beli tiket online

Untuk menghindari antre panjang, lebih baik kamu membeli tiket secara daring atau online. Keuntungannya tidak kontak fisik dengan petugas bioskop. Selain itu, kamu juga dapat menghidari keramaian dari antrean penonton untuk mendapatkan tiket.

Kamu dapat membeli tiket di sejumlah aplikasi penjualan daring, antara lain Cinema 21 alias M-Tix untuk tiket studio Cinema XXI, The Premier XXI, dan IMAX XXI. Ada juga aplikasi CGV CINEMAS, Cinepolis TIX ID, GoTix dan Traveloka, serta aplikasi pemesanan tiket bioskop lainnya.

4. Pembelian makanan

Untuk pembelian makanan juga akan dilakukan melalui aplikasi pemesanan makanan dan minuman. Jadi ngga bakal ada lagi petugas yang berkeliling dan menghampirimu, ke bangku bioskop sambil menunggu film diputar. Jadi pastikan quotamu cukup dan bisa menginstal semua aplikasi yang dibutuhkan untuk menonton di bioskop.

5. Studio bersih

Ini sangat penting, kondisi di dalam studio harus bersih dan steril. Apalagi bioskop adalah ruangan tertutup dan tidak memiliki sirkulasi udara yang banyak. Untuk itu, kamu harus hati-hati. Jaga jarak  untuk memilih tempat duduk minimal satu meter dengan penonton lain. Jangan menyentuh kursi dan sandaran kursi terlalu banyak. Bawa hand sanitizer dan setelah keluar dari bioskop segera cuci tangan.

6. Papan informasi

Selama di lingkungan bioskop kamu harus memperhatikan keadaan sekelilingmu. Jangan lengah, pastikan kamu mengetahui setiap protokol kesehatan dan ketentuan yang ditetapkan. Pastikan kamu membaca papan informasi yang ada di lingkungan bioskop, serta memahami apa isinya. Jika belum paham, bisa tanyakan langsung kepada petugas bioskop.

7. Physical distancing

Jaga jarak tetap dilakukan, dari mulai masuk, berada di dalam bioskop, hingga keluar dari bioskop.

8. Ketersediaan hand sanitizer di setiap sudut

Perhatikan posisi hand sanizier di setiap sudut bioskop dan gunakan jika kamu baru memegang sesuatu yang banyak dipegang penonton lain. Namun, ada baiknya kamu membawa hand sanitizer sendiri, sehingga menghindari risiko kontaminasi lain dari wadah hand sanitizer yang dipakai beramai-ramai.

9. Alat pelindung diri para staf lengkap

Kamu juga harus memperhatikan kelengkapan alat pelindung diri dari petugas dan semua karyawan bioskop. Syarat yang diberlakukan Pemerintah untuk pengelola bioskop adalah petugas harus menggunakan alat pelindung diri yang dibutuhkan. Mulai dari sarung tangan, masker, serta face shield.

Jadi pastikan kamu tidak dilayani oleh petugas yang tidak menggunakan alat pelindung diri, karena mereka bisa saja melayani ratusan orang per hari. Jika tidak menggunakan alat pelindung diri, sangat berisiko bagi petugas bioskop sendiri, serta berpotensi menularkan kepada pelanggan lain. *