Skip to content

Hari Pertama Masuk Sekolah, Lakukan 7 Persiapan Ini

Libur akan segera usai, minggu depan kamu akan kembali ke sekolah lagi untuk memasuki tahun ajaran baru. Tapi ini khusus bagi kamu yang sekolahnya berada di zona hijau pandemi Covid-19 ya. Bagi yang berada di zona merah dan kuning masih harus belajar dari rumah secara daring.

Bagi yang sudah bisa belajar tatap muka, siapkan semua perlengkapan sekolahmu, mulai seragam hingga alat tulis. Jangan lupa sekarang era adaptasi kebiasaan baru atau New Normal, jadi keadaanya tidak sama lagi, ada protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Ini tujuh persiapan yang perlu kamu lakukan untuk kembali masuk sekolah.

  1. Mental

Bagi siswa yang masuk tahun ajaran baru karena baru naik kelas, tentunya sudah memiliki gambaran bagaimana kondisi di hari pertama masuk sekolah nanti. Teman-teman sebagian besar masih akan sama dan perbedaannya mungkin hanya pindah kelas. Berbeda dengan yang pindah sekolah atau pertama kali masuk PAUD, SD, SMP atau SMA, kemungkinan ada perasaan khawatir, apakah teman-temannya baik? Bagaimana dengan guru-gurunya? Nanti mau sebangku dengan siapa? Jangan-jangan nanti aku di bully?

Memang wajar kalau semua pertanyaan ini membuatmu cemas, tetapi jangan berlebihan apalagi panik. Kuncinya kamu harus bisa sikap dengan baik di depan teman-teman baru dan guru, tetap ramah, semangat dan berpikir positif. Tanyakan kepada orang-orang yang telah berpengalaman dan pernah di posisimu, mulai dari orang tua, kakak, saudara atau teman-teman. Sehingga kamu semakin siap karena memiliki gambaran yang lebih banyak soal kelas barumu nanti.

2. Seragam dan Alat Tulis

Persiapkan juga pakaian seragam lengkap, serta alat tulis, seperti buku tulis, pensil, pulpen dan perlengkapan lain. Jangan sampai pada hari H, kamu masih mencari-cari, sehingga bisa panik dan terlambat ke sekolah. Jangan pula sampai ada yang tertinggal, bisa repot karena mengganggu hari pertama belajar. Apalagi di tengah pandemi saat ini, salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah dilarang pinjam-meminjamkan barang di sekolah, termasuk alat tulis.

3. Belajar Materi Pelajaran

Meski masih hari pertama, sebaiknya kamu  punya persiapan belajar materi pelajaran. Bahannya bisa kamu dapat dari buku atau dari pembelajaran secara daring (online). Sehingga, pada saat guru menjelaskan tentang pokok-pokok pelajaran pada tahun ajaran baru, kamu sudah memiliki gambaran dan mudah memahaminya.

4. Kenali Denah Sekolah

Supaya pada hari pertama nanti kamu tidak lagi mencari-cari ruang kelasmu, kunjungi calon sekolahmu beberapa hari sebelum masuk tahun ajaran baru. Pelajari rute jalan dari rumah ke sekolah. Setelah tiba di sekolah, ingat-ingat denah sekolah, serta di mana posisi kelasmu. Kamu  juga bisa sekalian melihat-lihat dimana kantin, perpustakaan, ruang kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler dan fasilitas lainnya.

5. Masker dan Hand Sanitizer

Sekolah di masa pandemi, tidak sama lagi dengan sebelumnya, makanya disebut adaptasi kebiasaan baru atau New Normal. Selain seragam dan alat tulis, kami juga harus mempersiapkan perlengkapan pelindung diri dari potensi penyebaran virus. Pakai masker dan bawa beberapa masker cadangan, sehingga kamu tidak menggunakan satu masker mulai dari rumah sampai pulang. Jika lama belajar 8 jam misalnya, kam u bisa bawa 3 sampai 4 masker kain. Ingat sesuai dengan panduan dari Pemerintah, masker kain yang aman adalah tiga lapis, atau dua lapis yang dalamnya diisi tissue. Kemudian bawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan jika kamu baru menyentuh benda-benda di sekolah. Jika tidak ada hand sanitizer rajin mencuci tangan.

6. Bawa Bekal Makan Sendiri

Jika memungkinkan bawalah bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Ini untuk menghindari agar kamu tidak sering berada di keramaian, misalnya antre dan makan di kantin. Dengan membawa bekal sendiri, kamu bisa mencari posisi makan yang nyaman dan bersih, bisa juga di bangkumu.

7. Disiplin Jalankan Kebiasaan Baru

Nah ini, tidak kalah pentingnya. Kamu harus melakukan kebiasaan baru. Jaga jarak dan jangan melakukan kontak fisik, seperti bersalaman, berangkulan, berpelukan, bergandengan tangan atau cipika-cipiki karena itu berpotensi menyebarkan dan tertular virus.

Kamu harus disiplin dan jangan merasa sungkan melakukannya. Sama seperti larangan pinjam meminjamkan alat tulis tadi, selama pandemi ini dilarang juga berbagi makanan dengan teman-teman. Jangan takut dikatakan pelit, ini demi menjaga kesehatan bersama. Jangan lengah, masker tetap dipakai selama di sekolah, juga cuci tangan setelah memegang benda apapun.

Jika kamu melihat ada teman yang tidak disiplin, jangan sungkan untuk mengingatkan, tentunya dengan cara yang sopan dan ramah. Nah, sudah siapkan masuk sekolah lagi? Tetap semangat di masa New Normal. *