Lompat ke konten
Biar Anak Tidak Kebablasan Main Internet, Ini 3 Aplikasi Parental Controling

Biar Anak Tidak Kebablasan Main Internet, Ini 3 Aplikasi Parental Controling

Survei ICM  tahun 2014 menunjukkan, 25 persen anak berusia di bawah 12 sudah terpapar pornografi online. Waduh! Orang tua mana yang tidak khawatir dan panik mengetahui informasi itu? Wajar jika permintaan aplikasi parental control selama lebih dari satu dekade terakhir melonjak pesat.

Parental control adalah fitur digital yang memungkinkan orang tua membatasi akses anak terhadap konten internet, seperti jasa televisi digital, komputer, video game, ponsel pintar dan perangkat lunak atau software lain.  

Fitur ini mencegah agar anak tidak kebablasan menggunakan internet. Mulai dari informasi yang tidak sesuai dengan umur dan usia anak, menghindari potensi kejahatan, kekerasan hingga cyberbullying, juga mengontrol agar tidak kebablasan dari sisi waktu.

Ini tiga aplikasi digital yang menyediakan platform online untuk mengendalikan dan membatasi informasi yang bisa dilihat anak di internet.

  1. Kids Mode

Kids Mode bisa dikatakan menjadi taman bermain pertama anak dan menyediakan konten yang aman.  Meski aman, Kids Mode juga memungkinkan orang tua mengendalikan kegiatan anak. Caranya, sederhana, yaitu menyediakan ponsel pintar atau tablet Galaxy untuk dipakai ayah atau ibu. Orang tua juga menggunakan PIN dari ponselnya untuk mengendalikan ponsel anak, PIN tidak bisa diganti.  

Kids Mode memungkinkan orang tua mengendalikan aktivitas anak dengan fitur Informasi Kegiatan, Halaman Masuk dan Batas Waktu Bermain Harian. Jika tidak ada batasan, anak bisa ketagihan karena dunia yang meyenangkan tidak akan pernah ingin diakhiri.

Aplikasi gratis dan berbayar tambahan dari Galaxy Apps for Kids juga dapat diakses di Kids Mode. Sementara itu, ada sekitar 3.000 aplikasi yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar serta bermain, seperti belajar bahasa, matematika dan dongeng berbagai karakter kartun populer. Jadi apa yang dibuka di buka d ponsel anak bisa terlihat di ponsel orang tua.

2. FindMyKid

FindMyKid juga membantu agar orag tua agat tidak terlalu khawatir terhadap keamanan anak saat bermain internet di ponsel. Caranya download aplikasi di ponsel pintar anak, kemudian sambungkan ponsel anak ke GPS. Orang tua akan menerima notifikasi lokasi yang dikunjungi anak, di sekolah, di rumah, maupun dalam perjalanan.

Selain mencegah melihat konten yang negatif, FindMyKid juga bisa membantu orang tua mengetahui posisi anak setiap detik, menit dan jam. Wah apakah ini terlalu berlebihan? Bagaimana jika dibandingkan orang tua terus menerus khawatir dan menelepon anak. Anak juga bisa merasa kesal dan terganggu. Intinya, FindMyKid membantu orang tua untuk bisa ikut mendengar, melihat dan merasakan apa saja yang terjadi di sekitar anak.

3. Screen Time

Aplikas parental contol Screen Time ini dapat mengelola aplikasi daring dan website yang dibuka di ponsel anak. Semua kegiatan juga dapat telusuri dengan menggunakan GPS. Beberapa fitur yang disediakan, meliputi Time Limits. Dengan mengaktifkan Time Limit maka sangat mudah menentukan durasi penggunaan internet anak, sehingga penggunaan tidak melebihi batas wajar.

Ada juga fitur Homework & Tasks yang membantu membentuk kebiasaan positif anak menjadi lebih disiplin mengelola waktu untuk mengerjakan tugas sekolah dan di rumah. Serta ada fasilitas waktu tambahan jika disiplin.

Fitur Schedules untuk mengatur waktu tidak bisa menggunakan ponsel, misalnya sewaktu mengerjakan PR, berdoa atau tidur. Sehingga anak, bisa fokus mengerjakan sesuatu tanpa mengalihkan perhatian kepada ponsel.  Instant Pause menonaktifkan sementara gadget anak misalnya untuk makan malam atau di sekolah.

Free Play membantu orang tua mengatasi kebosanan anak. Misalnya, jika orang tua meminta ditemani ada dalam perjalanan panjang, tetapi kondisi yang terjadi berbeda dari rencana. Urusan orang tua belum kunjung selesai atau tertunda. Nah, Free Play bisa menjadi alternatif anak agar tidak bosan menunggu. Namun, jangan sering-sering ya para orang tua.

Approve Apps adalah fasilitas yang meminta izin dari orang tua jika anak ingin menginstal aplikasi terbaru. Jadi keputusan untuk menerima dan menolak aplikasi baru ini di tangan orang tua. App Usage menyediakan data aplikasi mana yang paling sering dibuka anak, sehingga bisa membantu orang tua memahami kesukaan dan minat anak.

Web History untuk mengetahui riwayat pemakaian internet anak. Anda bisa mempelajarinya satu per satu web yang dibuka untuk mengetahui minat anak, serta membicarakannya jika memang menurut orang tua ada konten yang harus mendapatkan bimbingan orang dewasa.

Web Filtering. Selain harus menyetujui aplikasi yang diunduh, dengan fasilitas ini, orang tua bisa memblokir aplikasi dan situs yang tidak seuai dengan anak. Location Tracking untuk mengetahui posisi anak. Geo-Trips untuk memastikan rute perjalanan yang ditempuh anak ke sekolah atau ke tempat lain. Geo-Fencing membantu orang tua mendapatkan informasi, jika anak tiba atau meninggalkan lokasi tertentu. *