Skip to content

7 Tips Supaya Gemar Membaca Buku

“Buku adalah Jendela dunia”. Sepertinya, belum ada yang membantah ungkapan lama ini. Dari buku kamu bisa seolah-olah berkeling dunia. Tidak perlu pergi ke Paris untuk mengetahui betapa indahnya Menara Pisa. Namun, ternyata tidak semua orang gemar membaca?

Buku saat ini tidak hanya bisa diperoleh dalam bentuk hard copy atau dicetak, Buku juga sudah dapat dinikmati dalam bentuk digital. Apapun bentuknya, membaca buku sangat banyak manfaatnya karena tulisan di buku berbeda dengan tulisan di media sosial atau berita di media massa.

Jika di media massa dan media sosial, banyak membahas soal fenomena atau hanya dipermukaan saja, di buku kamu akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan memiliki dasar kuat, bahkan sudah melalui penelitian dan pengamatan panjang.

Membaca buku juga bisa memperkuat memori atau daya ingat, sehinga akan memberikan pengaruh positif bagi kegiatan sehari-hari lain, termasuk untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Sebagai jendela dunia, membawa buku akan menambah wawasan atau pengetahuan umum kamu.

Membaca buku yang disukai, misalnya novel, motivasi dan jenis buku lain, bisa mengurangi stress, mebuat rileks dan menghibur alias menjadi hiburan gratis. Buku juga bisa meningkatkan konsentrasi, sehingga kamu justeru akan semakin fokus pada pelajaran di sekolah.

Buku juga membantu meningkatkan kemampuan menganalisis masalah. Untuk manfaat ini, akan kamu gunakan terus di sepanjang hidupmu.

Apakah kamu tergolong suku membaca buku? Jika belum, ini ada 7 tips agar kamu gemar membaca dan mendapatkan manfaat dari buku. Bagi yang sudah suka membaca lanjutkan terus hobimu.

  1. Motivasi Kuat

Kamu harus punya motivasi kuat untuk membaca. Pengantar tulisan di atas sebenarnya sudah bisa menjadi salah satu motivasi kamu membaca. Biasanya orang akan gemar melakukan sesuatu, jika sudah mengetahui manfaatnya. Nah, di atas sudah dijelaskan banyak manfaat membaca buku. Jika kamu paham, maka tidak ada alasan kamu tetap malas membaca buku.

2. Baca Buku yang Kamu Suka

Sebagai awal, kamu bisa memulai dari membaca buku yang kamu suka. Misalnya, jika kamu suka otomotif, kamu bisa mencai buku-buku otomotif. Jika suka belajar dari pengalaman orang lain atau sering terpesona dengan keberhasilan orang lain, kamu bisa mulai membaca dengan mencari buku birografi atau autobiografi orang-orang yang kamu idolakan.

3. Masuk Komunitas Membaca

Bertemanlah dengan orang-orang yang suka membaca, sehingga kamu bisa mengenal betapa asyiknya mendapatkan informasi dan pengetahuan dari membaca. Lebih luas lagi, masuk komunitas membaca. Di komunitas membaca, kamu bisa mendapatkan pengalaman atau belajar cara menarik dan menggali nilai-nilai dari sebuah buku. Soalnya, dari satu buku, setiap orang bisa mendapatkan pelajaran dan nilai-nilai yang berbeda.

4. Selalu Bawa Buku di Tasmu

Selalu bawa buku yang kamu sukai di tasmu. Jika kamu sedang menunggu atau sedang di atas kendaraan umum, kamu bisa membacanya. Jadi kamu tidak bosan, justeru bisa mendapatkan wawasan baru, atau terhibur dari buku yang kamu baca.

5. Minta Rekomendasi Buku

Kamu mulai membeli buku, tetapi buku yang kamu beli ternyata tidak menarik. Hanya beberapa lembar saja di baca, kamu sudah bosan. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa meminta rekomendasi dari orang lain, sehingga tidak salah lagi membeli buku.

6. Rajin ke Toko Buku atau Cari Buku Digital

Selain mendapatkan rekomendasi dari teman, kamu juga perlu rajin mencari buku, baik ke toko buku konvensional atau mencari perpustakaan atau toko digital. Untuk membantu kamu menilai apakah  buku ini baik untukmu, kamu bisa baca dari ringkasan cerita di sampul belakang  buku, serta dari testimoni tokoh yang disertakan di sampul buku. Jika buku yang tersedia di toko sudah terbuka, kamu bisa baca kata pengantar dari orang lain selain penulis di dalamnya.

7. Buat Target Waktu Membaca

Kalau kamu sudah tidak alergi lagi dengan buku, kamu bisa naik tingkat dengan membuat target waktu membaca. Misalnya kamu menargetkan menghabiskan satu buku dalam dua minggu. Jika kamu sudah menentukan target, maka kamu perlu menyiapkan waktu khusus untuk membaca. Misalnya, satu jam sebelum tidur di malam hari. Sore hari, setelah bangun tidur siang. *