Skip to content

Tips untuk Para Guru: Pentingnya Alat Peraga dalam Pembelajaran di Sekolah

Guru dalam usahanya meningkatkan mutu pendidikan dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif, sehingga tujuan pendidikan yang ingin dicapai bisa berhasil secara optimal. Maka, penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sangat dianjurkan untuk menambah kejelasan bagi siswa dan berguna untuk mencapai tujuan pengajaran itu sendiri.

Alat peraga adalah media yang dimanfaatkan untuk membantu guru menyampaikan informasi dari suatu ilmu pengetahuan kepada siswa. Sedangkan, tujuan dari alat peraga ialah untuk memudahkan guru dalam menjelaskan, agar siswa bisa menyerap informasi dengan lebih mudah.

Selain itu, alat peraga merupakan bagian dari media pembelajaran, yaitu semua benda yang digunakan sebagai alat bantu pada proses belajar mengajar, baik di dalam ataupun diluar kelas. Yuk, simak sampai habis ya, EDOOcators!

Peran Alat Peraga dalam Pembelajaran

Alat peraga yang dimaksud disini itu bisa berupa model, gambar, papan tulis interaktif, perangkat lunak, alat-alat sains, aplikasi yang bersifat edukatif, dan berbagai jenis materi yang bisa memvisualisasikan konsep yang diajarkan. Ada beberapa peran dari alat peraga yang penting dalam pembelajaran, sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Keterlibatan

Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar, acapkali membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik. Siswa akan lebih terlibat dikarenakan mereka bisa melihat, meraba, dan berinteraksi dengan materi pelajaran tersebut.

  1. Mempermudah Pemahaman

Alat peraga akan membantu para siswa dalam memahami konsep yang lebih kompleks dengan cara yang lebih konkret. Sebab, alat peraga memberikan ilustrasi visual yang bisa merangsang pemahaman yang lebih mendalam.

  1. Memfasilitasi Komunikasi

Guru bisa memanfaatkan alat peraga untuk menjelaskan suatu konsep dengan lebih jelas. Berkat alat peraga, hubungan antar konsep dapat ditunjukkan dengan lebih baik dan dapat membantu siswa dalam menghubungkan informasi pula.

  1. Memvisualisasikan Data

Pada mata pelajaran seperti matematika atau ilmu pengetahuan, alat peraga bisa membantu guru dalam memvisualisasikan data dan hasil percobaan. Hal tersebut akan lebih mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep yang ada dalam pelajaran.

Manfaat Alat Peraga dalam Pembelajaran di Sekolah

Alasan mengapa dalam mengajar guru dianjurkan menggunakan alat peraga, yaitu bisa membuat kegiatan pembelajaran lebih efektif. Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang akan diperoleh ketika menggunakan alat peraga dalam pembelajaran:

  1. Membuat Siswa Lebih Semangat Belajar

Apabila pembelajaran yanga biasanya membosankan dan tidak menarik lagi, maka alat peraga adalah solusi. Sebab dengan menggunakan alat peraga, proses belajar mengajar akan terasa semakin menyenangkan.

Selain itu, berkat alat peraga guru atau siswa akan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahun dan teknologi, sehingga siswa tidak akan merasa gampang bosan, apalagi mengantuk. Hal itu dikarenakan siswa bisa langsung memiliki gambaran tentang apa yang sedang dipelajari dan semakin mudah memahami.

  1. Membuat Siswa Lebih Fokus Belajar

Pada umumnya siswa akan teralihkan perhatiannya, jika menemui pelajaran yang tidak menarik dan cenderung membosankan yang sedang diikutinya, sehingga siswa akan melakukan hal-hal lain yang lebih menarik dan mengasyikkan, daripada kegiatan belajarnya.

Adanya alat peraga secara tidak langsung akan membuat para siswa akan lebih fokus dan berkonsentrasi terhadap pelajaran yang di dapat. Sebab dengan alat peraga, siswa bisa meningkatkan perhatian siswa ketika sedang belajar.

  1. Mempermudah Siswa Menguasai Materi Pelajaran

Alat peraga bisa mempermudah guru dalam menjelaskan materi yang diberikan, karena siswa dapat secara langsung memiliki gambaran materi tersebut.

Berkat adanya alat peraga seperti itu. secara alami siswa akan memahami dan menyimpan materi secara lebih cepat dan mudah. Misalnya saja alat peraga terkait proses kimia di alam, siswa akan lebih mudah mempelajari ilmu kimia tersebut.

  1. Merangsang Penalaran dan Kemampuan Berpikir

Guna mendukung manfaat membaca buku pelajaran bagi siswa, maka keberadaan alat peraga bisa membantu memudahkan penjelasan yang ada dalam buku secara langsung.

Melalui alat peraga, para siswa tidak hanya akan membayangkan saja, akan tetapi juga bisa melihat gambaran dengan replika ataupun bantuan alat peraga secara langsung.

  1. Membuat Suasana Belajar Semakin Kondusif

Selain menjadikan siswa menjadi lebih berkonsentrasi dan lebih tertarik belajar, manfaat alat peraga juga bisa membuat suasana belajar menjadi semakin kondusif.

Bayangkan, siswa akan lebih memusatkan perhatian pada alat-alat peraga dengan penjelasan yang diberikan, sehingga hal tersebut akan sangat efektif untuk membuat materi pelajaran menjadi mengasyikkan, tetapi tetap kondusif.

  1. Meningkatkan Interaksi Antara Guru dan Siswa

Saat guru menerangkan materi pelajaran dengan alat peraga, siswa secara otomatis akan mendengarkand an melihat apa yang sedang dipelajari. Hal ini akan menghasilkan sebuah interaksi yang positif antara siswa dan guru.

Sebab melalui bantuan alat peraga, pemikiran guru dan siswa bisa sejalan, sehingga memnjadikan siswa lebih mudah menangkap materi yang sedang dipelajarinya.

  1. Mengurangi Cara Pembelajaran yang Bersifat Verbalisme

Salah satu hal yang membuat siswa merasa bosan ketika belajar adalah karena guru cuma menjelaskan materi pelajaran saja tanpa adanya variasi. Beda halnya, apabila memanfaatkan alat peraga biologi, guru tidak hanya menerangkan lewat kata-kata saja.

Namun, para siswa akan lebih mudah menangkap manfaat dari belajar ilmu biologi tersebut, karena bisa melihat contoh secara langsung dari alat peraga yang digunakkan oleh gurunya dalam kegiatan belajar mengajar.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai pentingnya alat peraga dalam pembelajaran, karena penggunaan alat peraga bisa membantu menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Namun, perencanaan yang matang dalam pemanfaatanya akan menjadi kunci untuk mencapai pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna.