Skip to content

Deretan 7 Palung Terdalam di Indonesia yang Menarik untuk Diketahui

Sobat EDOOers, rasanya sudah banyak orang telah berhasil mencapai puncak tertinggi di Indonesia yaitu Jaya Wijaya. Namun, nampaknya masih jarang sekali terdapat orang yang mampu turun dan mencapai palung terdalam di Indonesia. Nah, sedikitnya ada 7 palung paling dalam di lautan Indonesia, lho EDOOers.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah laut lebih luas dibanding wilayah daratan. Berdasarkan hasil Konvensi Hukum Laut Internasional pada tanggal 10 Desember 1982, luas wilayah laut Indonesia mencapai 3.257.357 kilometer persegi.

Berangkat dari wilayah laut Indonesia yang lebih luas daripada daratannya. Maka bisa dipastikan wilayah laut di Indonesia mempunyai palung. Lantas, apakah yang dinamakan dengan palung? Yuk cari tahu bersama-sama, EDOOers!

Apa itu Palung?

Palung laut adalah sebuah lekukan sempit dan panjang yang berada di bawah dasar lautan. Palung laut juga biasa disebut jurang di dasar laut. Area tersebut merupakan bagian paling dalam dari lautan yang ada di bumi.

Walaupun kelihatannya permukaan laut itu rata, akan tetapi kedalaman lautnya ternyata berbeda-beda, lho EDOOers. Titik terdalam dari sebuah lautan umumnya terletak pada palungnya. Palung sendiri didefinisikan sebagai cekungan topografi yang berada di dasar kedalaman laut. Lebar dari palung sendiri relatif sempit, tetapi ujungnya sangat dalam dan panjang.

Kedalaman dari palung laut itu sekitar 7.300 meter sampai 11.000 meter, sehingga membuat palung mempunyai tekanan hidrostatis yang sangat besar. Sebab, tekanan hidrostatis tersebut akan naik setiap bertambahnya kedalaman air.

Palung laut yang paling dalam mempunyai tekanan hidrostatis memncapai 1.100 lebih besar dari yang ada di permukaan lautnya. Hal tersebutlah yang membuat cahaya matahari tidak dapat menembus dalamnya palung laut, sehingga membuat dasar lau sangat dingin dan gelap.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa palung paling dalam di Indonesia adalah sebuah cekungan di dasar laut yang curam, karena diapit oleh tebing-tebing. Maka bisa dikatakan pula, palung laut ialah jurang yang berada di dasar laut.

7 Palung Terdalam di Indonesia

Indonesia mempunyai 7 palung terdalam di Indonesia, bahkan palung di wilayah lautan Indonesia mempunyai panjang sampai ribuan kilometer, lho EDOOers. Yuk, cari tahu di sini:

1. Palung Weber

Palung Weber berlokasi di kawasan area Laut Banda, Kepulauan Maluku. Lebih tepatnya, Palung Weber ini berada di antara busur dalam dan busur luar dari Banda. Palung ini dinobatkan sebagai titik paling dalam di lautan Indonesia. 

Sebuah ekspedisi pada tahun 1929 hingga 1930 yang dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda dengan menggunakan kapal HMS Willebrord Snellius berhasil mencatat, bahwa kedalaman Palung Weber ini mencapai 7.440 meter dengan luas 150 km.

Palung Weber ini juga dikenal dengan nama Weber Deep, yaitu sebuah cekungan di bagian bawah area depan busur Laut Banda yang termasuk kedalam rantai kepulauan vulkanik.

Sedangkan, asal-usul terbentuknya Palung Weber ini berasal dari pertemuan 3 lempeng bumi, di antaranya meliputi lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng Indo-Australia.

2. Palung Jawa

Palung Jawa menduduki urutan kedua sebagai palung terdalam di Indonesia. Palung ini berada di barat daya Pantai Provinsi Sumatera dan Jawa sekitar 305 km, yakni di sisi timur Samudera Hindia. Palung Jawa ini juga dikenal sebagai Shunda Double Trench oleh orang-orang.

Sedangkan, kedalaman dari Palung Jawa sendiri bisa mencapai 7.140 meter dengan panjang sampai 2.600 meter. Selain itu, Shunda Double Trench ini menjadi salah satu lokasi dengan titik paling dalam di Samudra Hindia, yang di mana titik terdalamnya dapat mencapai 7.450 meter.

3. Palung Buton

Posisi ketiga ditempati oleh Palung Buton yang terletak di sekitaran wilayah Sulawesi Tenggara. Salah satu palung paling dalam di Indonesia ini mempunyai kedalaman yang mencapai 4.180 meter.

Berdasarkan sebuah jurnal yang diterbitkan oleh LIPI mengungkapkan, bahwa palung ini merupakan temuan dari Ekspedisi Snellius I pada sekitar tahun 1929-1930. Nama Snellius ini diambil dari nama Willeboard Snellius yang merupakan seorang ilmuwan Belanda yang hidup di tahun 1580-1626an.

4. Palung Sangihe

Posisi keempat sebagai palung paling dalam di laut Indonesia ditempati oleh Palung Sangihe yang berada di laut Maluku. Palung yang letaknya tidak jauh dari Palung Weber di lautan Banda ini memiliki kedalaman mencapai 3.850 meter.  Lebih tepatnya lokasi palung ini di antara batas tiga lempeng, yaitu Lempeng Indonesia – Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Laut Filipina.

Sama seperti penemuan Palung Buton, ternyata Palung Sangihe ini juga hasil Ekspedisi Snellius I. Namun, pada ekspedisi Snellius tersebut dipimpin oleh P.M. van Riel selaku kepala bagian oseanografi dan meteorologi maritim KNMI dan sebagai purnawirawan dari Angkatan Laut Belanda.

5. Palung Talaud

Pada posisi kelima palung terdalam di Indonesia diisi oleh Palung Talaud. Palung ini terletak di sebelah utara dari laut timur Sulawesi Utara. Palung Talaud ini menjadi lokasi pertemuan arus yang mengakibatkan ada banyak sekali ikan yang berkumpul di lokasi tersebut.  Maka dari itu, palung yang memiliki kedalaman kedalaman rata- rata 3.450 meter ini, menjadi lokasi favorit para nelayan untuk mencari ikan.

6. Palung Ternate

Rupanya wilayah perairan Maluku sangatlah kaya akan palung. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Palung Ternate selain Palung Sangihe. Palung Ternate merupakan kenampakan jurang dasar laut yang terletak di sebelah utara dari Maluku Utara. Palung ini ialah palung terdalam nomer enam di Indonesia dengan memiliki kedalaman mencapai 3.450 meter.

Seperti halnya dengan palung-palung lainnya, Palung Ternate ini juga ditemukan dari Ekspedisi Snellius I. Penemuan Palung Ternate ini bahkan sampai dipublikasikan ke dalam sebuah serial buku yang diterbitkan E. J. Broll dengan judul bukunya bernama “The Snellius Expedition” berjumlah 21 buah.

7. Palung Timor

Palung Timor merupakan palung terdalam ketujuh di Indonesia yang berada di laut Timor. Lebih tepatnya lokasi Palung Timor ini berbatasan dengan bagian selatan Benua Australia dan Timor-Timor (Timor Leste). Palung ini masuk kedalam kategori jurang laut yang mempunyai kedalaman mencapai 3.310 meter.

Demikianlah tadi beberapa dereta palung terdalam di Indonesia yang menarik untuk diketahui. Walaupun, palung-palung di Indonesia tidak termasuk kedalam daftar palung terdalam di
dunia, akan tetapi palung di Indonesia menjadi dengan area terbaik bagi para nelayan untuk mencari ikan.