Skip to content

7 Sikap untuk Menjadi Guru yang Selalu Dikenang Siswa Kini dan Nanti

Menjadi seorang guru tak cuma sebatas mengajarkan ilmu pengetahuan dan wawasan yang bersifat akademis saja. Namun, seorang guru juga bisa mengajarkan kemampuan-kemampuan yang membuat guru selalu dikenang sampai kapanpun. Simak apa saja sikap-sikap untuk menjadi guru yang selalu dikenang oleh siswa dalam artikel ini, ya EDOOcator!

Mungkin EDOOcator tidak dapat mengingat semua guru-guru yang pernah mengajar saat masih di bangku sekolah duliu, tetapi pastinya selalu ada beberapa nama guru yang sangat berkesan dan masih mengingatnya hingga saat ini. Bahkan gaya mengajarnya ingin EDOOcator praktikkan kepada siswa-siswa anda sendiri.

Menjadi seorang guru yang bisa disukai dan dikenang oleh siswa pada zaman milenial sekarang tantangannya cukup sulit. Siswa-siswa generasi milenial lebih cenderung merasa paham semua hal.

Hal tersebut disebabkan karena banyaknya informasi yang tersedia secara gratis di dunia maya, sehingga membuat siswa cenderung merasa lebih pintar dan bersikap seenaknya pada guru karena overload knowledge.

Sepertinya menghadapi siswa zaman sekarang, perlu membutuhkan keahlian yang lebih. Sebab, tidak cukup cunma bermodalkan pengetahuan terkait materi pelajaran saja, melainkan juga pengetahuan-pengetahuan lain sebagai ilmu pendukung. Hal tersebut disebabkan perubahan zaman yang tidak dapat dihindari.

Ilmu pengetahuan yang terus berkembang pesat, ibarat dua sisi mata pisau bagi manusia itu sendiri. Siswa-siswa yang terpapar oleh kemajuan teknologi tersebut, membutuhkan bimbingan dari guru. Oleh karena itu, seorang guru tak ubahnya seperti orangtua pengganti bagi siswa di sekolah.

Siswa cenderung akan selalu mengingat dan mengenang guru-guru yang baik atau lucu. Selain itu, siswa akan lebih mengingat guru yang peduli dengan siswanya, guru yang selalu memberikan dukungan, atau guru yang bisa melihat bakat serta potensi siswanya.

Sikap-Sikap yang Harus Dimiliki Guru Agar Selalu Dikenang

Menjadi guru bukan cuma sekedar profesi yang selesai saat jam mengajarnya berakhir. Status guru akan disandang oleh EDOOcator kapan saja dan di mana saja, bahkan seusai pensiun sekalipun.

EDOOcator pasti ingin dikenang oleh siswa-siswinya sebagai guru yang baik dan dirindukan. Oleh sebab itu, berikut tujuh sikap untuk menajdi guru yang selalu dikenang siswa.

  1. Sikap Sabar & Dapat Didekati

Berinteraksi dan bersosialisasi dengan anak-anak yang masih muda merupakan tugas yang tidaklah mudah, maka memiliki sikap mudah didekati adalah suatu keharusan. Siswa harus merasa dirinya aman saat berbicara secara jujur dan terbuka dengan gurunya, utamanya jika siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan suatu tugas dari gurunya.

Memupuk kesabaran juga menjadi suatu sikap vital yang harus dipunyai seorang guru. Hal tersebut sangatlah berguna untuk mendengar serta memahami situasi yang dihadapi oleh para siswanya.

  1. Sikap Menghargai & Menghormati Siswa

Ketika proses pembelajaran di kelas, EDOOcator pastinya akan menemukan berbagai perbedaan dalam beropini atau berpendapat dari para siswa. Berkat menghargai berbagai pendapat dari siswa, berapapun usia dan kemampuannya siswa akan merasa aman dan nyaman dalam menyampaikan perasaan mereka.

Selain itu, para siswa juga akan belajar untuk menghargai dan mendengarkan orang lain. Sebab, EDOOcator bisa membuat siswa merasa diistimewakan dan penting. Maka dari itu, EDOOcator akan menumbuhkan kondisi kelas yang ramah dan nyaman untuk semua siswa.

  1. Sikap Cinta untuk Belajar & Mengajar

Apabila seorang guru merasa metode pembelajaran yang diterapkan kurang cocok, ia harus mencari metode pembelajaran lainnya. Oleh karena itu, seorang guru harus terus menerus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik untuk siswa-siswinya, sehingga siswa akan memiliki esensi dari sebuah materi ajar.

Sikap ini mengharuskan seorang guru untuk tidak takut dalam mempelajari metode-metode pembelajaran lainnya. Sebagai guru gunakanlah media pembelajaran yang kreatif guna membantu memperjelas materi ajarnya, dan sering-seringlah berdiskusi dengan rekan-rekan seprofesi mengenai apa yang sedang dipelajari.

  1. Sikap Antusias

Guru yang selalu dikenang siswa akan melakukan hal apapun dengan sepenuh hatinya. Sikap tersebut tentunya menjadi sangat penting dalam menghadapi para siswa. Sebab sikap antusias yang diperlihatkan guru akan dapat menginspirasi siswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Seorang guru yang bisa memancarkan semangat mengajar dan antusiasme, juga akan mudah diterima oleh orang tua dari siswa. Sebab guru tersebut akan memberikan kesan bahwa anak-anak mereka, dididik oleh seseorang yang mencintai profesinya, sehingga hal ini mengintepretasikan bahwa sekolah mempekerjakan tenaga pendidik dan kependidikan yang hebat.

5. Sikap Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan berkomunikasi yang baik, bukan hanya dibutuhkan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi diperlukan pula ketika seorang guru berbincang dengan orang tua siswa. Umumnya, seorang guru akan diberi tugas dalam menjelaskan mata pelajaran tertentu agar bisa dipahami lebih mudah oleh siswa. Penjelasan yang dimaksud haruslah jelas, runtut, dan konstruktif.

6. Sikap Disiplin & Profesional

Kedisiplinan menjadi suatu hal yang penting pada semua profesi atau pekerjaan, tak terkecuali profesi menjadi seorang guru. Sebab tanggung jawab menjadi seorang guru sangatlah beragam, baik dari Menyusun kurikulum, mengembangkan kurikulum, membuat metode pembelajaran, mengelola ruang kelas sampai berinteraksi dengan rekan sekarir.

7. Sikap Mengajarkan Pelajaran Hidup

Ada salah satu keuntungan menjadi seorang guru, selain mengajarkan hal-hal akademis, yaitu guru bisa membimbing siswa-siswinya menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Berkat mendengarkan keluh kesah siswa, memberitahu bahwa mereka berharga, sampai memberi lingkungan kelas yang kondusif dan aman. Guru juga dapat mengajarkan pelajaran penting kepada siswa terkait keterbukaan pikiran, kerja sama, dan cara mengatasi perasaan serta emosi.

Demikianlah tadi beberapa sikap untuk menjadi guru yang selalu dikenang. Maka dari itu, guru harus unggul dalam berbagai bidang apapun itu. Apakah EDOOcator siap menjadi guru yang selalu dikenang? Yuk terapkan sikap-sikap di atas ya!