Skip to content

Inilah Alasan di Balik Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

Siapa nih yang ngambil ekskul Pramuka di sekolahnya? Pastinya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seru di pramuka, EDOOers dapat ngebentuk kepribadian yang baik melalui ekskul ini. Oh
iya, bagi EDOOers yang anak Pramuka, sebenarnya udah tau belum sih alasan seragam pramuka berwarna cokelat? Yuk, disimak pembahasannya ya!

Pramuka atau kepanjangan dari Praja Muda Karana adalah sbeuah organisasi yang memberikan pendidikan kepada para anggotanya perihal kepercayaan diri, keterampilan, saling tolong menolong, dan lain sebagainya.

Pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya di Indonesia selalu memperingati Hari Pramuka, lho EDOOers. Nah pada tahun ini tahun ini, tema yang diusung adalah “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Harapannya supaya gerakan pramuka bisa terbangun citra positif kedepannya, dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang professional dan proporsional.

Seragam pramuka di Indonesia selalu diciri khaskan dengan warna cokelat muda pada bagian atasannya dan warna cokelat tua untuk bagian bawahannya. Bahkan semua atribut yang dipakai anggota Pramuka serba berwarna cokelat ya, EDOOers.

Lantas, apa sih alasan di balik seragam Pramuka berwarna cokelat? Guna untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasannya di bawah ini ya! Antara lain sebagai berikut:

1. Warna Tanah dan Air

Kebanyakan orang di Indonesia mungkin memberikan makna bahwa warna cokelat pada seragam pramuka itu sebagai kiasan untuk warna tanah dan air Indonesia. Namun, anggapan tersebut masih belum diakui secara resmi oleh keputusan Kwartir Nasional.

Warna cokelat muda pada baju diketahui mencerminkan warna air yang mengalir di seluruh penjuru Nusantara. Sedangkan untuk warna cokelat tua pada warna rok ataupun celana mengindikasikan warna tanah negara Indonesia.

Sementara itu, seragam pramuka juga dipadukan dengan atribut sapu tangan leher yang berwarna merah-putih. Atribut tersebut mempunyai arti bahwa putra-putri Indonesia harus selalu siap sedia mempertahankan kibaran bendera merah putih di Tanah Air.

2. Pakaian Para Pejuang Kemerdekaan

Alasan kedua kenapa seragam pramuka berwarna cokelat adalah sama seperti warna pakaian para pejuang saat memerjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia pada era tahun 1945 sampai 1949.

Bagi EDOOers yang suka menonton film-film sejarah Indonesia, pastinya serih melihat pakaian yang dikenakan oleh para pahlawan Indonesia terdahulu. Well, banyak dari para pejuang dahulu mengenakan baju serta celana berwarna cokelat muda. Meskipun sebagian pejuang lainnya mengenakan pakaian yang berwarna putih dan hitam. Namun, warna cokelat tetaplah menjadi yang paling dominan di medan perang.

Oleh sebab itulah, pihak Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memutuskan warna cokelat sebagai warna seragam pramuka. Hal tersebut secara resmi dicantumkan dalam Bab 1 Pasal 5 Ayat b di dalam Petunjuk Penyelenggaran Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka.

Tujuan penggunaan warna cokelat tersebut supaya para anggota pramuka tidak melupakan perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Selain itu, tujuannya untuk menghargai, meneladani, dan meneruskan perjuangan para pejuang kemerdekaan Bangsa.

3. Warna Tunas Kelapa

Seperti yang sudah umum diketahui, lambang pramuka adalah tunas kelapa. Lambang tunas kelapa ini sangatlah erat kaitannya dengan baju pramuka, lho EDOOers.

Tunas memiliki arti sebagai penerus bangsa, sedngkan kelapa diartikan sebagai untuk anggota gerakan pramuka yang mempunyai kesehatan rohani dan jasmani.

Apakah EDOOers tahu perihal hubungan antara pramuka dengan tunas buah kelapa? Berdasarkan sumber sejarah, penemu ide tunas kelapa ialah Soenardjo Atmodipurwo yaitu seorang pegawai di Kementerian Pertaniandan sekaligus seorang tokoh Pramuka kala itu.

Terdapat beragam alasan mengapa tunas kelapa dinobatkan sebagai tanda pengenal resmi, di antaranya yakni tunas kelapa memiliki arti sebagai tunas penerus bangsa, dan buah kelapa sendiri menggambarkan sifat para anggota pramuka yang kuat secara jasmani dan rohani.

Selain itu, ada nilai filosofi lainnya yaitu buah kelapa bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, sehingga harapannya para anggota pramuka dapat beradaptasi dalam kondisi dan situasi apapun. Berdasdarkan penjelasan tersebut, akhirnya diputuskanlah warna cokelat sebagai warna dasar pakaian pramuka yang berasal dari warna tunas kelapa.

4. Inisiatif Bapak Pramuka

Masa sih, EDOOers masih merasa asing dengan nama Baden Powell? Yaps, beliau merupakan Bapak Pramuka Sedunia, lho EDOOers. Baden Powell sangat senang berkelana ke bukit-bukit, hutan, gunung, hingga laut. Perjalanan jauh yang ditempuhnya tersebut, membuatnya tidak sadar jika warna pakaiannya berubah warna.

Hal tersebut disebabkan karena tubuhnya yang secara tidak sadar masuk ke dalam lumpur basah, dan lalu menjadi kering di badannya. Alhasil, seluruh tubuh serta pakaiannya pun menjadi berwana cokelat.

Maka dari itu, sejak saat itulah, Baden Powell menginisiasikan warna cokelat sebagai warna seragam untuk seluruh anggota Pramuka. Tujuan pengambilan warna cokelat ini, karena supaya tidak mudah kotor apabila sedang berpetualang. Wah, cocoklogi juga sih ya EDOOers!

Ok, sekarang EDOOers sudah tahu kan kenapa seragam pramuka berwarna cokelat. Ternyata, ada banyak sekali alasan-alasan yang melatarbelakangi pemilihan warna cokelat sebagai warna seragam pramuka ini.

Nah, nilai-nilai yang terkandung pada warna seragam pramuka, diingat baik-baik ya, EDOOers! Dan jangan sampa lupa untuk terus semangat dalam belajar juga ya.  Selamat Hari Pramuka, 14 Agustus 2023!