Skip to content

Kuak Keajaiban Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Dunia Pendidikan Modern

Terdapat banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru kepada siswa. Nah, salah satu metode pembelajaran yang cukup diminati di era pendidikan modern ini, yaitu metode pembelajaran inquiry based learning. Pembelajaran tersebut terbilang unik dan mempunyai
karakteristik dibanding metode pembelajaran lainnya.

Apa Itu Inquary Based Learning

Inquiry Based Learning atau bisa disingkat IBL merupakan suatu metode pembelajaran yang menekankan kepada proses pencarian dan penemuan sebuah informasi secara mandiri oleh siswa.

Metode pembelajaran inquiry-based learning ini memposisikan siswa sebagai agen aktif dalam proses belajar mengajar, yang di mana para siswa tersebut didorong untuk mengajukan pertanyaan, mengeksplorasi, serta mencari pemahaman melalui penyelidikan secara mandiri. 

Metode pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa dalam penyelidikan sebuah masalah. Para siswa dituntut untuk menggunakan penalaran berbasis bukti, berpikir logis, berpikir kritis, melakukan identifikasi masalah dan menemukan sebuah jawaban dengan melibatkan seluruh kemampuan secara maksimal.

5 Langkah Implementasi Inquary Based Learning

Adapun beberapa langkah yang bisa EDOOcator lakukan untuk mengimplementasikan metode pembelajaran inquiry-based learning dalam kelas:

1. Menyusun Panduan Pertanyaan

EDOOcator bisa membantu para siswa dalam memulai metode pembelajaran ini dengan menyusun panduan pertanyaan. Susunan pertanyaan tersebutlah yang dapat memandu penyelidikan para siswa. Selain itu, panduan pertanyaan tersebut jugalah yang dapat mengarahkan siswa pada tujuan, topik, ataupun konsep yang ingin dipelajari.

2. Mengidentifikasi Sebuah Informasi

Guna mendukung penerapan metode pembelajaran inquiry based learning, siswa perlu memiliki keterampilan dalam mencari sumber informasi yang relevan dan bisa dipercaya. EDOOcator bisa membantu siswa dalam mengidentifikasi sumber-sumber informasi yang tepat, seperti artikel,buku teks, jurnal, ataupun sumber online terpercaya lainnya.

3. Menyusun Perencanaan Penelitian

Siswa harus menyusun rencana penelitian yang terlebih dahulu yang terperinci, termasuk langkah-langkah apa yang akan diambil. Selain itu, para siswa juga harus merencanakan pula sumber-sumber informasi yang akan digunakan, dan mengalokasikan waktu yang akan digunakan untuk setiap tahapan-tahapan penyelidikan.

4. Melakukan Sebuah Penyelidikan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh siswa adalah mengimplementasikan rencana penelitian mereka dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi, melaksanakan eksperimen, maupun mengamati fenomena-fenomena terkait. Para siswa harus mencatat semua temuan yang didapatkannya serta menganalisis data apa saja yang telah dikumpulkannya.

5. Membuat Kesimpulan & Evaluasi

Sesudah menyelesaikan penyelidikan, siswa diharuskan untuk membuat sebuah kesimpulan berdasarkan bukti yang telah mereka temukan sebelumnya.

Setelah itu, guru atau siswa lainnya bisa melakukan evaluasi terhadap proses serta hasil pembelajaran tersebut. Evaluasi tersebut membantu siswa dalam mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan dalam penyelidikan dan dapat menjadi refleksi untuk perbaikan di masa depan.

Manfaat-Manfaat Metode Pembelajaran Inquary Based Learning

Inquiry based learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang mampu mendatangkan banyak kemanfaatan bagi para siswa. Adapun beberapa manfaat dari penerapan metode pembelajaran inquiry learning yakni sebagai berikut:

1. Berkembangnya Kemampuan Berpikir Siswa

Berkat metode pembelajaran satu ini, para siswa bisa mengembangkan keterampilannya dalam berpikir analitis, kritis, dan kreatif. Para siswa juga belajar untuk menganalisis sebuah informasi yang mereka dapatkan, lalu membuat kesimpulan berdasarkan bukti atau fakta, dan selanjutnya dikomunikasikan temuan tersebut dengan penyampaian yang efektif.

2. Membangun Pemahaman Mendalam

Melalui metode pembelajaran inquiry based learning ini, siswa bisa mengetahui bagaimana sebuah ide-ide dikembangkan, mengapa sebuah aturan atau rumus bekerja, dan bagaimana cara mengimplementasikan sebuah ide, aturan, dan rumus tersebut dengan cara yang benar.

Hal tersebut dapat mendukung siswa mempunyai pemahaman yang mendalam akan suatu proses pembelajaran. Selain itu, dengan siswa melakukan penyelidikan mandiri, mereka bisa mengaitkan konsep-konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Hal tersebut juga semakin memperkuat pemahaman mereka terhadap pembelajaran secara menyeluruh.

3. Meningkatkan Kemampuan Pencarian Sebuah Informasi

Menjalankan proses pembelajaran dengan metode inquiry based learning bisa membantu siswa dalam menyerap informasi secara lebih mudah dan cepat. Selain itu, dengan motede tersebut dapat membuat siswa belajar untuk mencari sumber-sumber informasi yang beragam dan valid.

Rasa keingintahuan siswa yang tumbuh tersebut membuat mereka dapat mengembangkan kemampuan dalam penelitian dan mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, memilah,serta mengevaluasi sebuah informasi yang lebih relevan.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai metode pembelajaran inquiry based learning, mulai dari pengertian, langkah-langkah penerapan, dan beragam manfaatnya. Pada dunia pendidikan modern, metode pembelajaran inquiry-based learning dapat memberikan landasan kuat dalam membangun lingkungan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, dan berdaya guna bagi siswa. Salam Literasi untuk Edukasi.