Skip to content

Mengenal Perbedaan Gelombang Transversal dan Longitudinal

Teman-teman EDOOers, tahu nggak kalau bunyi maupun suara yang biasa kita dengar karena memiliki gelombang, loh. Nah, dalam pembahasan kita kali ini, kita akan berkenalan lebih dalam dengan perbedaan gelombang transversal dan longitudinal.

Oh iya EDOOers, apa sih yang dimaksud dengan gelombang itu? Gelombang merupakan getaran yang merambat dari satu titik ke titik lainnya dan membawa energi selama perambatannya.

Contohnya saja ada seorang anak mengikat ujung sehelai tali pada sebuah ranting pohon. Selanjutnya, seorang anak tersebut menggetarkan ujung sehelai tali lainnya ke bawah dan ke atas secara teratur. Kelihatan bahwa lama kelamaan getaran yang terjadi tersebut merambat sepanjang tali, sampai mencapai ujung tali yang terikat serta membentuk gelombang.

Gelombang akan dibagi menjadi 2 berdasarkan dari arah rambatannya, yakni pertama gelombang transversal dan kedua gelombang longitudinal. Kedua gelombang tersebut bisa kita pelajari pada materi Fisika, lho EDOOers. Yuk, langsung ajah kita pelajari bersama-sama!

Pengertian Gelombang Transversal

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getaran partikel medium perantaranya tegak lurus terhadap arah gelombang. Jadi yang dimaksud, gelombang transversal itu ialah gelombang yang bergerak secara tegak lurus terhadap arah suatu energi. Apabila energi yang ditransfer tersebut berasal dari arah kiri ke kanan, maka gelombang tersebut akan memiliki gerakan naik dan turun dari arah kiri ke arah kanan.

Umumnya, gelombang transversal bisa mengalir pada medium yang berbentuk padat dan cair. Sedangkan, arah getar dari gelombang transversal sendiri adalah tegak lurus dengan arah rambatnya dan membentuk gelombang sinus.

Namun, apabila dilihat dari sisi polarisasinya, arah getar dan arah rambat dari gelombang transversal itu berbeda, sehingga bisa dipolarisasi. Pada gelombang transversal tidak akan menimbulkan suatu perubahan tekanan.

Lantas, apa saja sih contoh dari gelombang transversal itu? ada beberapa contoh dari gelombang transversal yaitu gelombang cahaya, gelombang air laut, riak air, gelombang pada tali, gelombang pada permukaan air.

 

Pengertian Gelombang Longitudinal

Berbeda banget dengan gelombang transversal yang udah dibahas di atas, gelombang longitudinal merupakan kebalikan dari gelombang transversal. Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getaran partikel medium perantaranya searah, sejajar, dan berhimpit dengan arah rambatannya. Sederhananya tuh, gelombang longitudinal mempunyai arah getar yang sejajar dan searah dengan arah rambatannya.

Berdasarkan mediumnya, gelombang longitudinal bisa merambat pada segala bentuk medium entah itu berbentuk padat, cair, maupun gas. Nah, untuk gelombang longitudinal itu tidak bisa dipolarisasi karena semua atribut dari gelombang longitudinal berada dalam arah yang sama.

Sementara itu, bersumber dari situs Scholars at Harvard, ketika gelombang longitudinal merambat di medium udara, gelombang tersebut akan memberikan sebuah tekanan pada molekul-molekul di udara. Hal tersebut akan mengakibatkan molekul udara akan tertekan ketika rapatan gelombang terjadi, dan akan melonggar saat gelombang mengalami peregangan terjadi.

EDOOers penasaran jug nggak nih denga apa saja contoh dari gelombang longitudinal?contoh dari penerapan gelombang longitudinal di antaranya meliputi gelombang bunyi, gelombang ultrasonik, gelombang seismik, gelombang plasma, dan gelombang slinki (pegas).  

 

Setelah membaca penjelasan materi di atas mengenai gelombang transversal dan longitudinal, apakah EDOOers sudah bisa memahami perbedaan antara keduanya? gelombang transversal dan gelombang longitudinal itu dapat dibedakan hanya dari arah getaran serta rambatannya, lho. Simple bukan?

EDOOers harus ingat benar, jika gelombang transversal, getaran serta rambatannya memiliki arah yang tegak lurus. Sementara itu, gelombang longitudinal getaran sert arah rambatannya memiliki arah yang sejajar. 

Yow, gimana nih pembahasan tentang gelombang transversal dan longitudinal dalam ilmu Fisika? Sangat seru pastinya bukan? Semoga menambah wawasan dan keilmuanmu ya EDOOers. Temukan konten belajar dan tryout berkaitan dengan pelajaran Fisika di layanan aplikasi EDOO untuk meningkatkan pemahaman dan nilai fisika-mu! Salam Literasi untuk Edukasi!