Skip to content

Macam-Macam Interaksi Antar Ruang Indonesia dengan Negara-Negara ASEAN

Hai sobat EDOOers! Pada prosesnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di berbagai bidang kehidupan, tidak bisa lepas dari interaksi antarruang dengan negara-negara anggota ASEAN. Interaksi tersebut dapat berupa kerjasama dalam bidang ekonomi, sosial-budaya, politik, pendidikan, hingga keamanan.

Lalu, apakah EDOOers tahu apa itu ASEAN? Dan apakah EDOOers juga tahu interaksi antarruang itu apa? Apa saja sih macam-macam bentuk dari interaksi ini? Untuk lebih jelasnya, mari yuk simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu ASEAN ?

Hayo EDOOers, ada yang masih ingat nggak nih, Indonesia ada di benua mana? Yap, betul! Ada di benua Asia, lebih tepatnya sih di region Asia Tenggara. Masih ingat juga dong EDOOers, kalau negara-negara yang berada di Asia Tenggara itu tergabung dalam sebuah organisasi kebangsaan. Apa coba namanya EDOOers? Betul banget, namanya ASEAN.

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan sebuah organisasi kerjasama antara negara-negara di Asia Tenggara. Organisasi ini meliputi 10 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Apa Itu Interaksi Antarruang?

Interaksi antarruang itu maksudnya apa sih? Nah, interaksi antarruang adalah hubungan interaksi timbal balik antara suatu wilayah dengan wilayah lain yang saling memengaruhi dan dapat terjadi dalam berbagai bentuk.

Umumnya interaksi tersebut guna untuk saling memenuhi kebutuhan hidup di wilayahnya. Interaksi antarruang tersebut mempunyai tujuan dalam memenuhi kebutuhan setiap negara dan tentu saja untuk menjalin kerja sama antar negara. 

Penyebab peristiwa interaksi antarruang tersebut dikarenakan pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan adanya interaksi. Selain itu, setiap ruang maupun wilayah pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga hal tersebut membuat adanya keharusan untuk berinteraksi dengan ruang yang lain supaya kekurangannya dapat terpenuhi.

Macam-Macam Interaksi Antarruang Indonesia dengan Negara ASEAN

1.     Kerja Sama di Bidang Ekonomi

Kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN di bidang ekonomi, contohnya yaitu dengan melakukan kegiatan ekspor-impor dan membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kegiatan ekspor dan impor tersebut berkaitan erat dengan bidang perdagangan.

Negara Thailand menjadi salah satu negara yang sering melakukan interaksi ekspor-impor dengan Indonesia. Faktanya, Indonesia pernah melakukan impor beras serta gula dari Thailand. Alasan Indonesia melakukan hal tersebut, karena pada saat itu produksi beras dan gula pernah mengalami penurunan, sehingga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas.

Selain itu, misalnya ada seorang perajin furniture kayu jati dari Indonesia, tidak cuma dapat menjual produk furniturnya ke seluruh Indonesia saja, tetapi dapat dengan lebih mudah menjualnya ke Malaysia, Singapura atau Thailand berkat kerja sama di bidang ekonomi Indonesia dengan negara-negara ASEAN.

Sementara itu, bentuk nyata kerja sama antar negara-negara ASEAN di bidang ekonomi yang lainnya adalah dibentuknya masyarakat ekonomi ASEAN atau disingkat MEA. Berkat hadirnya MEA tersebut, kegiatan ekspor-impor menjadi lebih mudah, sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kapasitas ekspor dari negara Indonesia ke mancanegara, serta meningkatkan devisa negara.

  1. Kerja Sama di Bidang Sosial Budaya

Kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN di bidang sosial budaya (sosbud), contohnya adalah dalam bidang pariwisata. Indonesia mempunyai segudang keindahan alam yang luar bisa dan dapat dibanggakan ke negara lain. Contohnya saja yaitu Bali yang tidak cuma menyediakan keindahan panorama saja, tetapi juga kultur budaya dan wisata kulinernya.

Selain itu, bentuk kerja sama di bidang sosial budaya adalah adanya pendistribusian SDM. Jadi, tidak Cuma berupa barang-barang atau bahan baku saja yang dapat dikirim ke negara lain, tetapi juga sumber daya manusia itu sendiri. 

Contoh dari pendistribusian SDM adalah distribusi tenaga ahli seperti dokter, teknisi, atau perawat. Berkat dihadirkannya distribusi tenaga ahli tersebut, pastinya akan ada yang namanya transfer teknologi dan transfer ilmu.

  1. Kerja Sama di Bidang Politik dan Keamanan

Selanjutnya, salah satu contoh kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN di bidang politik dan keamanan adalah melakukan perjanjian bebas nuklir di ASEAN. Perjanjian tersebut melarang keras adanya pembuatan atau perancangan senjata nuklir di wilayah ASEAN. Selain itu, bentuk kerja sama lainnya di bidang politik dan keamanan, yaitu saling bekerja sama dalam memberantas terorisme dan kejahatan lintas negara.

Dalam rangka menjaga supaya Indonesia dan negara-negara ASEAN lain tetap damai, maka dibuatlah sebuah kesepakatan mengenai zona perdamaian, kebebasan, dan netralitas. Jadi, setiap di setiap negara dapat melakukan sesuatu secara bebas, asalkan tidak melanggar perjanjian atau ketentuan yang telah disepakati di ASEAN. 

Itulah pembahasan mengenai macam-macam interaksi antarruang Indonesia dengan negara-negara ASEAN. Nyatanya, interaksi antarruang yang terjadi antar negara tersebut sangat dibutuhkan dan sangat penting adanya. Meskipun demikian, Indonesia tidak boleh terlalu bergantung dengan bantuan dari negara lain. Sebagai generasi penerus bangsa, EDOOers harus belajar yang rajin supaya dapat terus mengembangkan diri dan dapat berkontribusi untuk negara tercinta Indonesia.

Nah, sampai sini udah paham belum EDOOers dengan macam-macam interaksi antarruang Indonesia dengan negara ASEAN, seperti yang dijelaskan di atas? Apabila masih belum paham, EDOOers dapat mempelajari materi interaksi antarruang dalam pelajaran sosial ini pada aplikasi EDOO, yang menyajikan banyak konten-konten digital pembelajaran berkualitas, salah satunya tentang pelajaran geografi, sehingga kamu bisa menambah pengetahuan. Yuk segara download aplikasi EDOO di smartphone atau cek versi webnya, EDOOers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *