Skip to content

EDOO Kini Punya Fitur Quote yang Estetik

EDOO sebagai platform perpustakaan digital untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah terus melakukan improvement guna menghadirkan pengalaman lebih seru dan menyenangkan kepada para pemustakanya. Aplikasi digital library sekolah milik Aksaramaya ini kini menghadirkan fitur Quote di dalam aplikasinya.

Seperti halnya kolom komentar yang hadir di berbagai social media. Kini kita sebagai pemustaka (pengguna umum), siswa dan guru bisa share kutipan, quote, ataupun kata-kata menarik yang ada di dalam buku lalu membagikan ke berbagai social media seperti instagram, whatsapp, telegram, facebook, dan lain sebagainya dengan tampilan yang estetik.

Pengertian Quote

Quote merupakan sebuah kata tunggal dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti sebuah kutipan ataupun petikan. Sedangkan dalam bentuk jamaknya quotes berarti kutipan-kutipan. Quote ialah sebuah kutipan dari sebuah teks ataupun pidato yang umumnya dapat ditemukan dalam sebuah ilustrasi.

Sebuah Quote dalam kata kerja punya arti mengulang atau menyalin sebuah teks atau pidato yang ditulis atau disampaikan oleh orang lain. Dalam bentuk kata benda (noun), quote is a quotation from a text or speech.

Menurut Oxford Learner’s Dictionaries, Quote mempunyai makna sekelompok kata atau tulisan pendek yang diambil dari buku, drama, pidato, dan lain sebagainya serta biasanya diulang karena menarik atau berguna. Quote umumnya diberi tanda kutip (“…”) dan juga biasanya dicantumkan sumber untuk menunjukkan asal kalimat tersebut. Selain dipergunakan untuk sebuah karya tulis ilmiah, biasanya quote bisa kita temui pula pada gambar-gambar di poster atau internet.

Maka dari itu, quote adalah sebuah kata kutipan dari serangkaian kalimat atau ucapan yang dianggap menarik yang tentunya berisikan ide, pendapat atau gagasan seseorang.

Tujuan dari adanya quote itu ada bermacam-macam. Pada bidang akademis, quote dipakai untuk mendukung argumen atau pendapat dari seorang penulis. Sedangkan tujuan quote yang lainnya adalah memberikan stimulus motivasi, inspirasi, dan pengingat dari suatu gambar yang ada.

Ada beberapa orang yang mungkin menganggap kata-kata bijak atau quote bisa meningkatkan emosi tertentu setelah selesai membacanya, baik itu dari tokoh agama, motivator atau dari buku. Ya, ketika seseorang dihadapkan dengan bermacam-macam persoalan dalam kehidupan, maka bisa diatasi dengan mensugesti diri sendiri untuk mengatasi tantangan dengan bantuan quote.

Quote atau kutipan inspirasi akan bisa memicu sesuatu dalam diri seseorang ketika membacanya. Bahkan bisa meningkatkan denyut nadi dan membuat pikiran jadi lebih kreatif dan damai. Alhasil kata-kata kutipan atau quote dapat membuat seseorang terdorong untuk bisa survive dari segala permasalahan yang ada di hidupnya.

Cara Membuat Postingan Quote dari EDOO

Sekarang ini fitur canggih quote dari aplikasi EDOO sudah bisa dicicipi oleh semua pemustaka dengan menggunakan smartphone androidnya di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Lalu bagaimana sih cara menggunakan fitur quote EDOO tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Pertama, pemustaka login ke aplikasi EDOO terlebih dahulu dan langsung buka menu buku di aplikasi EDOO.
  2. Kedua, pemustaka memilih buku yang ingin dibaca.
  3. Ketiga, setelah pemustaka mendapatkan pilihan buku tersebut, pemustaka langsung saja klik ikon baca dan mulai untuk membaca buku tersebut sampai menemukan quote yang menarik.

4. Keempat, sesudah memperoleh quote yang ingin di posting di social media si pemustaka. Pemustaka dapat men-tap (mem-blok) pesan yang ingin dijadikan quote sedikit lama hingga muncul ikon-ikon, seperti buat quotes, bacakan teks, dan kutip. Lalu pilihlah ikon buat quotes.

5. Kelima, pemustaka bisa memilih dan mengkreasikan teks quotes tersebut serta warna background quotes yang ingin dishare di social media.

6. Keenam, pemustaka membagikan quote yang diperoleh dari salah satu buku di aplikasi EDOO tersebut ke beberapa social media, seperti WhatsApp, Instagram, Instagram Stories, Intagram Reels, Intagram Feed, Intagram Chat, Telegram, Facebook, LinkedIn, dan lain sebagainya.

Tidak sulit bukan EDOOers dalam menghasilkan quote-quote dengan tampilan unik. Sebab ada banyak kutipan-kutipan menarik di buku-buku bacaan pada aplikasi EDOO yang dimana fitur quote ini bisa menyajikan pilihan desain yang beragam.

Belakangan memang ada juga beberapa content creator yang menggunakan quote sebagai selingan yang diunggah di sosial media. Menariknya, unggahan jenis quote ini dianggap berhasil meningkatkan engagement. Yuk, EDOOers cobalah fitur terbaru dari aplikasi EDOO ini!

Jika kamu kesulitan memanfaatkan fitur ini, EDOOers atau EDOOcator dapat klik tombol WA di samping kanan bawah web ini atau langsung simpan dan kontak nomor 0858-9132-5172

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *