Skip to content

Kamu Bertanya-Tanya SMART CODE Kegunaanya Untuk Apa? Ini Jawabannya

Era sekarang ini, berbagai aktivitas menawarkan kemudahan. Semua ini terjadi karena adanya banyak perkembangan dan kemajuan teknologi dari tahun ke tahun.

Salah satu bukti nyata dari kemajuan teknologi yang ada saat ini adalah munculnya sistem Quick Response Code atau yang umum di sebut QR Code. QR code merupakan bentuk evolusi dari barcode yang umumnya kita kenal selama ini. Apabila sebelumnya barcode hanya berbentuk garis satu dimensi, kini telah dimodifikasi menjadi dua dimensi.

Secara pengertian, QR code adalah sebuah kode matriks berbentuk dua dimensi yang dapat menyimpan informasi berupa ribuan karakter huruf dan angka atau alfanumerik. QR code bisa menampung informasi dengan jumlah yang banyak. 

Sebab QR code menggunakan teknologi dua dimensi yang dapat mengkodekan informasi secara melintang dan membujur. Berbeda dengan barcode yang hanya menggunakan teknologi satu dimensi dan dapat mengkodekan informasi dalam arah melintang. 

Apa itu Fitur Smart Code

Menanggapi kemajuan teknologi tersebut, EDOO mengembangkan sebuah inovasi fitur yaitu Smart Code. Smart Code EDOO adalah QR Code yang diletakkan pada media akrilik yang diletakkan di area sekolah, madrasah atau publik. Pengguna aplikasi EDOO dapat mengakses koleksi konten digital (artikel, video, audio) melalui QR Code tersebut. Smart Code EDOO menggunakan fitur scan QR Code yang ada di aplikasi EDOO untuk dapat  mengakses semua konten edukatif dan inspiratif dalam bentuk artikel, eBook audio dan video terkait objek yang bersangkutan. 

EDOO Smart Code digunakan untuk memudahkan setiap warga sekolah maupun madrasah dalam mengakses layanan dari EDOO, seperti konten digital tanpa harus menggunakan search engine. Smart Code ini dapat diimplementasikan untuk mengembangkan semua layanan di sekolah maupun madrasah agar lebih efektif, efisien dan mudah diakses.

Tujuan utama penggunaan Smart Code adalah memberikan informasi penting mengenai sekolah atau konten digital pendidikan yang diproduksi oleh sekolah dengan tampilan yang lebih sederhana. Smart Code dapat digunakan untuk mendukung program Library Everywhere demi pengembangan ekosistem konten sekolah dan madrasah.

Terdapat berbagai paket Smart Code yang ditawarkan oleh EDOO untuk sekolah dan madrasah. Paket tersebut ada 3 macam, di antaranya:

  1. Paket 100 QR Code

Paket yang berisi 100 media konten digital. Paket ini ideal untuk generate QR code koleksi perpustakaan, dan juga akan dapatkan analytic dari semua aktivitas user dengan koleksi milik sendiri.

  1. Paket Hemat 50 QR Code

Paket hemat, bisa menambahkan hingga 50 koleksi media konten digital untuk di generate QR code dan akan mendapatkan analytic dari aktivitas koleksi tersebut.

  1. Paket Free

Paket free untuk generate QR Code yang berisi kuota 10 koleksi media konten digital.

Kamu tidak mungkin memasukkan banyak informasi sekaligus ke dalam poster, brosur, serta mading sekolah. Hal tersebut akan membuat warga sekolah yang melihatnya kebingungan. Selain itu, warga sekolah biasanya ingin membaca informasi dengan lebih sederhana.

Oleh karena itu, cukup generate Smart Code melalui dashboard EDOO lalu cetak, tempel ke media informasi dan sebarkan ke tempat-tempat strategis di sekolah atau madrasah. 

Lakukan penempatan Smart Code ini di mana saja yang mungkin dilewati atau bisa dilihat oleh para warga sekolah dan madrasah sebagai konsumen informasi. Hal ini akan mempermudah mereka dalam mengetahui informasi tentang sekolah atau konten digital pembelajaran, tanpa harus mendatangi perpustakaan secara langsung.

Manfaat Smart Code

Dalam dunia digital dengan teknologi yang berkembang sangat pesat, penggunaan Smart Code ternyata sangat efektif sebagai media pemasaran. Terutama ketika pihak sekolah ingin memasarkan informasi tentang kegiatan sekolah, jadwal ujian, buku-buku terbaru di perpustakaan, dengan hanya menggunakan Smart Code para warga sekolah bisa langsung mengetahui informasi tersebut setelah memindainya.

Kode unik dalam Smartcode ini sangat menguntungkan karena memungkinkan analisis web yang membantu kamu untuk mengukur keefektifan penyebaran informasi maupun konten digital yang dijalankan.

Smart Code juga bermanfaat untuk mempermudah proses transaksi peminjaman buku di aplikasi EDOO dengan cepat. Selain itu Smart Code juga bermanfaat untuk mempercantik area sekolah dengan desain dan bingkai yang menarik dari Smart Code, bisa menjadi lokasi yang instagrammable untuk para siswa-siswi selfie atau wefie.

Smart Code adalah teknologi yang sangat bermanfaat bagi warga sekolah dalam proses transfer informasi dan transaksi. Tanpa Smart Code, banyak hal yang sejatinya sederhana menjadi rumit; misalnya proses penyalinan link website secara manual.

Kemudahan penggunaan Smart Code dalam mengakses konten digital ini tentu dapat meningkatkan loyalitas siswa. Nah, agar loyalitas serta kepercayaan siswa semakin meningkat, jangan lupa implementasikan fitur Smart Code ini ya. 

Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dapat chat ke kami melalui email ke partnership@aksaramaya.com atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *