Ini dia 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa

Kesehatan Mental Siswa

Kesehatan mental atau biasa anak-anak muda menyebutnya mental health menjadi sebuah isu yang sering diperbincangkan di tengah-tengah masyarakat dunia dan juga ranah dunia pendidikan.

Upaya agar bisa menempuh pendidikan dengan normal, lancar dan fokus untuk belajar, seluruh siswa harus dalam keadaan yang sehat baik secara fisik maupun segi psikologisnya. Kesehatan mental EDOOers adalah salah satu hal penting yang harus dijaga agar jalan mereka mewujudkan cita-cita tidak terhambat. Namun faktanya banyak sekali siswa dari segala usia mengalami tekanan pada kesehatan mental mereka.

Perubahan yang secara signifikan pada pola pembelajaran, kurikulum, tingkat penguasaan teknologi, sulitnya beradaptasi, dan ketidaksiapan menghadapi segala keterbatasan, masalah keluarga dan lingkungan sekitar memunculkan tekanan-tekanan terhadap siswa.

Keadaan yang seperti demikian tersebut ini sangat mempengaruhi tingkat kesehatan mental para siswa. Siswa yang umumnya berada pada usia anak-anak dan remaja termasuk golongan yang rentan mengalami serangan stress yang tinggi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerangkan kesehatan mental (mental health) adalah suatu keadaan sejahtera di mana setiap pribadi seseorang bisa mewujudkan potensi mereka sendiri. Artinya, mereka dapat membereskan tekanan kehidupan yang normal, dapat berfungsi secara produktif dan bermanfaat, serta mampu memberikan kontribusi kepada kelompok mereka. 

Untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan secara keseluruhan bagi diri, kamu tidak cuma hanya berfokus pada kesehatan fisikmu saja. Akan tetapi peran kesehatan mental juga cukup besar dalam kehidupan. Mental health (kesehatan mental) sebagai kemampuan didalam diri sendiri untuk memanajemen perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Jika kita menjaga kesehatan mental, maka EDOOers akan merasakan beberapa dampaknya seperti suasana hati yang membaik, membantu menikmati hidup secara keseluruhan, dan membangun ketahanan (durability). Berbagai cara sederhana bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa

Nah, untuk EDOOers yang merasa mudah mengalami stres atau kecemasan yang berlebih, berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan mental:

  1. Selalu Berpositive Thinking

Cara berpikir terhadap diri sendiri akan memiliki pengaruh yang kuat pada kejiwaan dan psikologis seseorang. Saat kamu memandang diri dan hidup secara negatif, maka kamu juga akan merasakan efek negatif tersebut. Kebalikannya jika selalu membiasakan diri kamu menggunakan ucapan atau kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu merespon positif dari apa yang terjadi.

Pola pikir positif dapat membuat kamu lebih percaya diri dan memperbaiki suasana hati. Dampak dari berpikir positif akan mengurangi kemungkinan berkembangnya kondisi seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), depresi, dan gangguan terkait stres lainnya. Berpikir positif bukan mengharuskan abai terhadap situasi hidup yang tidak menyenangkan. Berpikir positif yakni dapat ditunjukkan ketika kamu menghadapi ketidaknyamanan dengan cara yang lebih produktif dan positif.

  1. Saring Asupan Berita

Membaca sebuah informasi itu memang penting, agar kita bisa selalu update berita terkini. Namun, jangan sampai hal semacam itu dapat mengganggu kesehatan mentalmu, apalagi membuat dirimu terkena serangan kecemasan. Terlalu banyak mengonsumsi berita dengan tema tertentu dan apalagi mendapatkan berita hoax akan membuat kesehatan mental kamu terganggu. Maka dari itu, kamu hanya perlu membaca 2 sampai 3 berita setiap harinya dari sumber yang terpercaya dan kredibel pastinya, seperti dari koleksi konten dan berita Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah yang sudah dikurasi.

  1. Nikmatilah Makanan yang Enak & Bergizi

Mengonsumsi makanan-makanan yang enak lagi bergizi bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik bagi kesehatan mental kamu. Bukan cuma memberikan nutrisi yang dibutuhkan, makanan enak dan bergizi juga menyehatkan otak. Misalnya, karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan kadar serotonin, unsur kimia tersebut terbukti memiliki efek menenangkan suasana hati. Sedangkan protein dapat meningkatkan zat kimia di otak yang membantu tubuh tetap waspada.

Libatkan juga makanan dengan kandungan Omega-3 yang dapat ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan biji rami. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan suasana hati dan merevitalisasi integritas struktural pada sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

  1. Melakukan Hobi yang Kamu Suka atau Beristirahat

Tahukah kamu bahwa melakukan hobi yang kamu suka atau beristirahat juga dapat menjadi salah satu cara ampuh menjaga kesehatan mental siswa lho. Lantaran, hal tersebut dapat mengurangi tingkat stres yang seorang siswa alami.

Misalnya kamu bisa bermain futsal apabila memiliki hobi olahraga, kamu memasak jika memiliki hobi memasak, berenang, bermain game, membaca buku atau melakukan hobi lainnya, yang membuat tingkat produktivitasmu semakin meningkat dan membuat perhatianmu teralihkan dan membuat dirimu senang.

Atau jika pada saat-saat semua pekerjaanmu terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah, dan beristirahatlah saja. Setidaknya kamu akan benar-benar mendapatkan istirahat yang cukup, dan tidur yang nyenyak untuk mengembalikan energi yang sebelumnya telah terkuras banyak. Pada dasarnya, manusia yang kurang istirahat dan tidur akan membuat kamu menjadi cepat tersulut emosi, tidak sabaran, kesulitan berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi.

  1. Hindari Bermain Sosial Media Secara Berlebihan

Berlebihan dalam aktivitas online akan memberikan dampak buruk kepada dirimu. Diketahui, secara terus-menerus scrolling dan melihat kehidupan orang lain di sosial media dapat membuat kamu merasa insecure dan membanding-bandingkan dengan diri sendiri. Sehingga dapat menurunkan tingkat rasa syukur dalam diri kita.

Kebanyakan bermain sosial media akan meningkatkan perasaan rendah diri, yang memicu perasaan cemas, stres dan depresi. Salah satu cara menanggulangi gangguan kesehatan mental pada diri sendiri yaitu dengan membatasi menggunakan gadget/gawai. Terlebih saat sebelum tidur, pastikan semua benda elektronik ini jauh dari kasur.

Jadi mulai sekarang, EDOOers memiliki bermacam cara positif sederhana untuk menjaga kesehatan mental kamu. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan di atas bukan suatu hal yang mustahil, kamu hanya perlu memerlukan menerapkannya secara bertahap dan penuh kesabaran supaya mendapatkan manfaat jangka panjang. 

Nah, itu dia beragam cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan. Dicoba, yuk, EDOOers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *