Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Manfaat Ekstrakurikuler bagi Siswa di Sekolah

Pernah nggak sih EDOOers suntuk ketika proses pembelajaran di sekolah? Pastinya pernah ya. Maka dari itu sebagian kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) merupakan kegiatan yang hampir ada di semua sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan tambahan di luar proses pembelajaran sekolah dan pelayanan konseling.

Tujuannya adalah  membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat. Ekstrakurikuler sendiri biasanya diselenggarakan secara khusus oleh guru atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler sendiri menjadi sarana branding marketing kepada orang tua/wali murid agar anaknya didaftarkan ke sekolah tersebut. Beragam kegiatan ekstrakurikuler ditawarkan pihak sekolah, mulai dari seni, olahraga, bela diri, science club (klub sains), debat, dan lainnya. Semakin bermacam ragam kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi kelebihan atau nilai plus suatu sekolah.

5 Manfaat Ekstrakurikuler bagi Siswa di Sekolah

Sebenarnya, apa aja sih manfaat yang didapatkan EDOOers saat menekuni kegiatan ekstrakurikuler di sekolah? Apakah sekadar obat penghilang stress dan suntuk pada saat proses pembelajaran di kelas? Tentu saja tidak EDOOers. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Inilah beberapa manfaat kegiatan ekstrakurikuler untuk anak, antara lain:

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Perbedaan rasa percaya diri EDOOers secara tidak langsung dipengaruhi oleh keikutsertaan di kegiatan ekstrakurikuler. Pembentukan karakter manusia adalah akibat dari proses pembelajaran, termasuk ekskul. Siswa yang aktif dalam kegiatan ekskul akan mempunyai perbedaan yang signifikan pada tingkat percaya diri.

Secara umum manfaat yang dirasakan dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler oleh EDOOers adalah penambahan kepercayaan diri. Rasa percaya diri merupakan ”sesuatu nilai” yang harus dimiliki EDOOers. Agar kamu lebih yakin untuk menentukan pilihan tentang apa yang akan dilakukan dan yang akan dicapai di masa depannya kelak.

  1. Wadah Mengembangkan Keterampilan

Pengembangan keterampilan seorang EDOOers bisa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Contohnya seperti kamu yang mempunyai bakat di bidang kepenulisan, EDOOers bisa mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik. Sedangkan kamu yang mempunyai bakat di bidang olahraga, bisa mengikuti ekstrakurikuler klub sepak bola atau basket. Berbagai ekskul di sekolah dapat menjadi wadah untuk mengembangkan keterampilanmu.

  1. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Bergabung pada kegiatan ekstrakurikuler akan membuatmu berlatih untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang disematkan. Tanggungjawab merupakan sikap dan perilaku yang penting yang harus ditumbuhkan pada karakter EDOOers. Misalnya Pramuka dapat dijadikan sebagai wadah penanaman nilai karakter bangsa. Sikap dan perbuatan tanggung jawab dalam kepramukaan tercantum jelas dalam Dasa Darma pramuka ke sembilan yaitu pramuka itu bertanggungjawab dan dapat dipercaya.

  1. Belajar Bekerja Sama

Manfaat lain dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah dapat melatih kerja sama atau teamwork. Di dalam kegiatan ekstrakurikuler, EDOOers tentu juga akan belajar bekerja sama dengan anggota lainnya. Tanpa kerja sama yang dipupuk dengan baik, maka setiap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan tidak akan bisa berjalan dengan optimal.

Contohnya pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga, kerja sama tim sangatlah dibutuhkan. Lalu pada ekstrakurikuler paduan suara, kerja sama tim juga merupakan komponen yang sangat krusial. Kemampuan kerjasama yang terus diasah pada kegiatan ekstrakurikuler, berimplikasi pada siswa tidak tumbuh menjadi pribadi yang self-centered dan egois.

  1. Ajang Meraih Prestasi

Bermacam-macam kegiatan ektrakurikuler yang dihadirkan pihak sekolah bertujuan agar EDOOers bisa berkembang dan menemukan bakat dan minat kita. Selain itu berbagai kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan arena bagi siswa untuk meraih prestasi yang diimpikannya di luar bidang akademik.

Oleh karena itu kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian terpenting yang harus dihardirkan sekolah. Adapun hal yang menentukan keberhasilan seorang siswa bukan hanya dari segi prestasi akademiknya, melainkan juga dari segi prestasi non akademik.

Talenta dan bakat yang dimiliki dan potensi EDOOers merupakan modal yang sangat penting untuk bisa berprestasi, karena siswa yang mempunyai bakat / talenta akan lebih mudah dibina dan dibimbing mencapai prestasi.

Kini, EDOOers telah mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan saat kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Meskipun manfaat ekstrakurikuler sangat banyak, ada baiknya agar memilih ekskul yang tepat dan sesuai. Selain itu, perhatikan kiat-kiat di atas agar manfaat ekstrakurikuler bisa kita dapatkan secara optimal. Salam Edukasi untuk Literasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *