5 Tips Memelihara Semangat Mengikuti Ujian di Sekolah

Ujian lagi, ujian lagi. Kenapa sih ujian terus? Apalagi mata pelajaran fisika yang mungkin tidak kamu sukai  karena kamu merasa tidak akan menggunakannya di masa depan nanti. Soalnya, kamu berencana menjadi musisi atau bekerja di bidang sosial.

Eits tunggu dulu. Ingat, setiap proses pasti ada manfaatnya. Jadi setiap proses hidupmu harus kamu nikmati karena tidak akan ada waktu yang akan berulang. Untuk pendidikan dasar dan SMP memang setiap siswa mendapatkan mata pelajaran yang sama alias belum ada pembedaan jurusan.

Jadi, kamu harus tetap semangat menjalaninya. Semangat belajar ketika ujian, semangat menikmati proses belajar, kegiatan ekstrakulikuler, serta semangat menjalani persahabatan dan menggerjakan tugas-tugas dari sekolah.

Bagaimana caranya memelihara semangat untuk menghadapi ujian? Ini 5 tips yang bisa kamu coba.

  1. Belajar Bukan untuk Ujian

Motivator penulis buku Mimpi Sejuta Dolar, Merry Riana, menyebutkan jangan belajar untuk ujian, tetapi ujianlah untuk belajar karena hidup sedang menguji kamu. Kalau kamu memniliki jadwal belajar rutin tiap hari di rumah, maka kamu akan selalu dalam keadaan siap untuk menghadapi ujian.

  • Janji Untuk Buat Orang Tua Bangga

Kamu bisa juga menjadikan orang tua sebagai salah satu motivasimu, yaitu kamu bisa membuat orang tua bangga. Jadi, tidak perlu muluk dan besar-besar dulu bisa membahagiakan orang tua dengan kemandirian atau materi yang bakal kamu berikan ketika kamu sudah dewasa nanti. Untuk saat ini, banggakan orang tua dengan nilai-nilai ujianmu yang bagus.

  • Belajar Sungguh-Sungguh

Selanjutnya, kamu harus belajar sungguh-sugguh. Ini saatnya membutikan perkataanmu. Jika kamu belum bisa, belajar lagi untuk memahami caranya. Jika kamu masih lupa, berarti kamu harus belajar lagi sampai mengingat dan mengetahui ciri-cirinya.

Belum bisa caranya, ulang lagi, minta diajari guru atau teman yang sudah paham. Jika kamu merasa ketinggalan pelajaran di kelas, kamu bisa meminta kepada orang tua untuk mendapatkan les tambahan. Jadi artinya belajar sungguh-sungguh adalah porsinya di atas rata-rata orang lain umumnya.

  • Ujian Adalan Test Kejujuran dan Kedisiplinan

Ujian adalah salah satu cara untuk test kejujuran siswa dan melatih kedisiplinan karena godaan untuk melakukan kecurangan saat ujian kemungkinan besar ada saja. Misalnya, membuka buku ketika pengawasan lengah atau meminta jawaban dari teman. Namun, kamu harus bisa jujur dalam ujian. Mengatur dan memenuhi jadwal belajar secara rutin akan melatih kedisiplinanmu sejak muda.

  • Siapkan Hati Jiwa dan Raga

Mendapatkan nilai tinggi saat ujian dengan jujur alias hasil kemampuan sendiri adalah sesuatu yang sempurna. Untuk mendapatkan nilai baik, tentu butuh kedisiplinan belajar. Ketika kamu sudah belajar dengan disiplin, maka kamu harus yakin hasilnya akan baik, jadi tidak perlu curang saat ujian. Nah, ketika kamu sudah berusaha, konsentrasilah pada saat ujian berlangsung, jangan berpikiran untuk mencontek atau meminta jawaban dari taman. Berapapun nilai yang kamu peroleh kamu harus bangga karena itu adalah hasil kerja kerasmu. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *