RESENSI BUKU Sosiologi 2, Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat

Sumber: Edoo

Judul Buku: Sosiologi 2 Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat untuk Kelas XI SMA/MA Program IPS
Penulis: Bagja Waluya
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Halaman: 130 Halaman
Tahun terbit: 2017
ISBN: 9789790687394
Genre: Non Fiksi, BSE Siswa
Rating: 4/5
Sumber: Edoo

Disiplin ilmu sosiologi memandang setiap fenomena di masyarakat dari sudut pandang yang dinamis. Menurut pakar sosiologi, Selo Sumarjan dan Soemardi, pengertian sosiologi adalah sebagai ilmu yang mempelajari struktur, proses, dan perubahan sosial dalam masyarakat.

Sedangkan Soerjono Soekanto mengatakan pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kemasayarakatan secara umum dan berupa mendapatkan pola-pola sosial yang tampak di masyarakat.

Buku teks pelajaran sosiologi untuk kelas sebelas Sekolah Menengah Atas ini berisi materi-materi pembelajaran yang sistematis dan integratif. Di setiap awal bab, siswa akan dipandu dengan gambar yang mencerminkan isi materi.

Struktur Sosial

Siswa juga akan diberi pertanyaan tentang manfaatnya mempelajari tema yang disediakan. Selain itu, buku ini selalu menyediakan kata kunci yang memungkinkan siswa dapat mencari referensi bacaan berdasarkan kata-kata inti yang sudah dipersiapkan.

Buku ini berisi empat bab. Di bab satu akan dibahas tentang struktur sosial dalam fenomena masyarakat. Menurut buku ini, dengan siswa mempelajari dan memahami bahasan ini maka mereka akan memahami struktur sosial, diferensiasi sosial serta stratifikasi sosial yang terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Penulis juga memberikan empat kata kunci utama dalam bab ini yaitu, struktur, diferensiasi, stratifikasi dan masyarakat. Di akhir bab satu, untuk semakin memudahkan siswa, penulis sudah membuat rangkuman materi, peta konsep dan uji kemampuan bab.

Selanjutnya, bab kedua berisi tentang konflik sosial. Siswa akan diberikan materi tentang konflik dalam kehidupan bermasyarakat, apa penyebab terjadinya konflik sosial dan bagaimana akibat konfilik tersebut.

Menangani Konflik

Lalu, apa tindakan yang dilakukan untuk menangani konflik. Buku ini juga akan menjabarkan pendekatan plularisme budaya dalam menangani konflik di Indonesia. Serta hubungan antara konflik dan terjadinya integrasi sosial setelah adanya konflik.

Mobilitas sosial adalah tema bab selanjutnya. Manusia yang cenderung selalu bergerak dan mengalami perubahan akan menjadi kajian bab ini. Di dalamnya siswa kelas sebelas akan diberi pengertian tentang mobilitas sosial, kedudukan dan peran sosial, faktor penentu mobilitas sosial serta konsekuensi apa yang ditimbulkan.

Dinamis, bergerak, kedudukan dan perpindahan adalah empat kata kunci untuk bab ini. siswa diharapkan memahami bentuk mobilitas sosial, faktor dan dampak yang diakibatkan dari kedinamisan tersebut.

Siswa juga akan mempelajari perubahan yang terjadi di masyarakat tidak hanya menyangkut nilai, norma, pola dan interaksi, tetapi juga menyangkut lapisan sosial dalam masyarakat. Perubahan sosial yang terjadi antar masyarakat menandakan adanya gerak sosial secara vertikal. Maksudnya, perubahan yang terjadi secara mendatar tanpa mengubah hierarki kelas sosial.

Masyarakat Multikultural

Bab terakhir berisi tentang kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. Siswa akan dipandu memahami kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural dan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

Ini adalah bagian akhir, maka penulis akan memberikan rangkuman, peta konsep, uji kemampuan bab empat, uji kemampuan semester dua dan uji kemampuan akhir tahun. Tak hanya itu penulis juga melengkapinya dengan senarai, indeks dan daftar pustaka.

Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami adalah kekuatan buku ini. Materi yang sedemikian kompleks dijelaskan secara sederhana dengan harapan siswa lebih mudah memahaminya.

Melalui penjabaran setebal 130 halaman, siswa diharapkan memahami hubungan masyarakat, individu dalam interaksi sosial, nilai, norma, serta penerapan sosiologi dalam menghadapi berbagai macam persoalan sosial.

Menganalisis Realitas

Menurut penulis, ada dua belas keunggulan dari buku ini. Selain menyertakan manfaat dan kata kunci di setiap bab, buku ini juga berisi referensi sosiologi, jendela info yang menjelaskan dan menginformasikan berita yang sedang berkembang.

Kemudian ada juga informasi seputar dunia sosial, lalu ada kolom riset yang berisi latihan siswa untuk mengamati dan menganalisis realitas yang terjadi. Kemudian buku ini juga berisi zoom, yaitu kata-kata baru dan hal-hal penting yang perlu diketahui siswa.

Keunggulan lainnya, buku ini berisi keterangan dan sumbangan pemikiran dari pakar sosiologi terkait masalah yang sedang dibahas. Juga akan ada opini, soal pengayaan, panduan kerja sama, peta konsep, gagasan bila belum memahami materi dan kajian sosiologi yang berisi cara mengimplementasikan materi dan konsep yang telah dipelajari.

Menarik, bukan? Menurut saya, buku ini bukan hanya untuk dipelajari anak kelas sebelas, tetapi juga milenials yang sedang ingin mempelajari topik sejenis yang sudah disediakan. Jadi, tunggu apa lagi, Milenials? Silahkan membacanya sendiri di aplikasi perpustakaan digital, di platform edukasi kesayang kamu ini, Edoo. Selamat membaca.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *