Tips Belajar Daring dari Rumah Tanpa Gangguan

Pemerintah akhirnya memperpanjang sistem pembelajaran jarak jauh. Alasannya, jumlah korban Covid-19 masih terus meningkat, sehingga protokol kesehatan, termasuk jaga jarak dan menghindari kerumuman, masih perlu dilakukan.

Belajar dari rumah di satu sisi terlihat asyik karena tidak wajib bangun subuh dan melewati kemacetan di jalan menuju sekolah. Waktu belajar juga tidak sepadat belajar tatap muka. Namun, di sisi lain, belajar di rumah rawan gangguan.

Gangguan belajar di rumah cukup banyak lho. Kamu bisa terganggu dengan suara anggota keluarga lain yang sedang menonton TV, berbincang atau kedatangan tamu yang mengharuskan kamu pindah tempat belajar dari ruang tamu ke kamar.

Belum lagi godaan dari adik atau kakak untuk bermain bersama. Gangguan bisa juga datang dari diri kamu, misalnya ngantuk karena belajar sendiri atau bosan karena tidak ada teman yang bisa diajak berbincang di sampingmu, seperti halnya belajar tatap muka di sekolah.

Namun, jangan putus asa, meski pandemi Covid-19 masih berlangsung dan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) diperpanjang, kamu jangan sampai ketinggalan pelajaran. Kamu bisa coba 5 tips ini untuk belajar daring dari rumah tanpa gangguan.

1. Belajar Efektif

Berusahalah belajar efektif, sehingga kamu bisa efisien menggunakan waktu belajar. Tidak perlu terlalu lama belajar apalagi diselingi dengan tertidur, padahal belum tentu kamu bisa memahami topik yang diajarkan.

Caranya belajar efektif versi Oxford  Learning Center adalah sebelum memulai belajar, kamu harus bisa menjawab daftar pertanyaan ini. Pertama, apa topik atau mata pelajaran yang saya pelajari? Kedua, apa saja yang telah kamu ketahui tentang topik atau mata pelajaran ini?

Ketiga, bagaimana informasi ini cocok dengan gambaran yang lebih besar? Keempat, apakah saya mengerti apa yang baru saja saya baca? Kelima, bisakah saya menjelaskan kembali dengan bahasa saya?

Keenam, apakah ada kata kunci atau ide yang perlu saya tulis? Mengapa kata-kata dan gagasan di topik pelajaran ini penting? Ketujuh, apa kesimpulan dari sesi belajar hari ini? Kedelapan, apa yang perlu saya review atau pelajari selanjutnya?

Jadi, fokuslah dengan menjawab delapan pertanyaan itu karena itulah sebenarnya yang menjadi target umum dari setiap proses belajar mengajar. Jadi, jika kamu fokus dan mendapatkan jawabannya, kamu akan menggunakan waktu belajar secara efisien dan efektif.

2. Tidur Cukup dan Tepat Waktu

Belajar dari rumah banyak mengubah jadwal kegiatan kamu. Biasanya bangun subuh dan bergegas untuk berangkat ke sekolah berubah menjadi bangun lebih siang. Cukup mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran dari dari rumah.

Kondisi ini juga sering membuat kamu akhirnya tidak merasa perlu untuk tidur tepat waktu. Padahal, sebenarnya tidur tepat waktu bukan hanya untuk bisa bangun subuh, tetapi untuk kesehatan tubuh agar bisa tetap fit di siang hari, termasuk ketika mengikuti pelajaran daring. Jika kurang tidur, waktu belajarmu bisa terganggu karena mengantuk apalagi sampai ketiduran.

3. Makan Cukup

Jangan lupa makan cukup dan teratur. Meskipun belajar di rumah, otak dan tubuh kamu tetap membutuhkan asupan gizi seimbang. Jangan terlalu banyak, misalnya pada saat belajar di mejamu banyak tersedia makanan ringan.

Ini bisa menyebabkan kamu lebih banyak menghabiskan waktu makan dari pada membaca buku. Makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan nyantuk. Di sisi lain, lupa makan bisa membuat kamu kurang konsentrasi belajar, bahkan bisa menyebabkan lemas, lesu dan sakit.

4. Ruang dan Waktu Belajar Khusus

Belajar dari dari rumah dilakukan juga setiap hari, meskipun jadwalnya tidak sepadat belajar tatap muka. Jadi, kamu sebaiknya menyediakan ruangan khusus yang memang diketahui oleh seluruh anggota keluarga bahwa ruangan itu kamu gunakan untuk belajar.

Sampaikan ruang dan jadwal belajar kamu kepada semua anggota keluarga, sehingga mereka juga menyesuaikan kegiatan mereka. Misalnya, kamu menggunakan ruang makan untuk belajar pada jam setelah makan siang atau menggunakan kamar bersama untuk belajar.

5. Perlengkapan Belajar

Sebelum memulai pelajaran kamu harus pastikan semua perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia di meja. Jika kamu belajar daring dengan guru dan teman-teman sekolah, pastikan kuota internet cukup, pastikan kamu sudah mendapatkan link belajar jarak jauh, buku dan alat tulis. Jadi, belajar tidak terganggu karena kamu harus mencari-cari pulpen saat guru menerangkan secara daring.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *